Tips agar tidur nyenyak


Tidak ada yang lebih membuat frustasi dari sulit tidur. Pikiran Anda tak tenang memikirkan hal-hal yang terjadi hari ini? atau suara-suara aneh mengganggu tidur Anda? Balik kiri balik kanan putar sana putar sini He He He. Bingung apa yang harus Anda lakukan? Berikut Tips agar Anda dapat tidur nyenyak :) 



  • Tidur hanya ketika mengantuk 
Hal ini mengurangi waktu Anda terjaga di tempat tidur.

  • Jika Anda tidak bisa tertidur dalam waktu 20 menit, bangun dan lakukan sesuatu yang membosankan sampai Anda merasa mengantuk
Duduk dengan tenang dalam gelap atau baca buku pelajaran yang tebal tanpa gambar (yang ini pas buat saya he he he).  Jangan berada di tempat dengan cahaya terang. Cahaya memberikan isyarat ke otak Anda bahwa sudah waktunya untuk bangun.

  • Jangan tidur siang  
Ini akan memastikan anda lelah pada waktu tidur. Jika Anda tidak bisa melewati hari tanpa tidur siang, tidur kurang dari satu jam, sebelum jam 3.
 
  • Bangun dan pergi tidur pada waktu yang sama setiap hari 
Bahkan saat masa liburan! Ketika siklus tidur Anda memiliki irama teratur, Anda akan merasa lebih baik.

  • Menahan diri dari olahraga atau aktivitas berat minimal 4 jam sebelum tidur 
Olahraga teratur dianjurkan untuk membantu Anda tidur nyenyak, tapi waktu yang tepat untuk berolahraga sangatlah penting. Berolahraga pada pagi atau menjelang siang tidak akan mengganggu tidur.

  • Melakukan ritual sebelum tidur  
Hal ini penting untuk memberikan tubuh Anda isyarat bahwa sudah waktunya untuk istirahat dan tidur. Mendengarkan musik santai, membaca sesuatu yang menenangkan selama 15 menit, minum teh bebas kafein, melakukan latihan relaksasi.

  • Hanya menggunakan tempat tidur Anda untuk tidur  
Jangan menggunakan tempat tidur Anda untuk menonton TV, melakukan pekerjaan atau membaca. Jadi ketika Anda pergi ke tempat tidur, tubuh Anda tahu sekarang saatnya untuk tidur. Seks adalah satu-satunya pengecualian.

  • Jauhi kafein, nikotin dan alkohol setidaknya 4-6 jam sebelum tidur  
Kafein dan nikotin adalah stimulan yang mengganggu Anda untuk tertidur. Kopi, teh, cola, cocoa, coklat dan beberapa jenis obat yang diresepkan ataupun yang tidak diresepkan, mengandung kafein. Rokok dan beberapa obat mengandung nikotin. Alkohol mungkin terlihat dapat membantu Anda untuk tertidur di awal karena memperlambat aktivitas otak, tapi Anda akan berakhir dengan tidur yang tidak nyaman. 

  • Makan makanan ringan sebelum tidur  
Jika perut Anda terlalu kosong, hal ini dapat mengganggu tidur. Namun, jika Anda makan makanan berat sebelum tidur, dapat mengganggu juga. Produk olahan susu dan turkey mengandung tryptophan, yang bekerja sebagai penginduksi tidur alami. Kandungan Tryptophan mungkin adalah sebab mengapa segelas susu hangat dianjurkan sebelum beranjak tidur. 

  • Mandi air panas 90 menit sebelum waktu tidur 
Mandi air panas akan meningkatkan suhu tubuh Anda, tetapi hal ini akan membuat Anda merasa mengantuk. Baca tentang studi di bawah ini.
Trouble Sleeping? Chill Out! - Sebuah keluaran untuk pers dari jurnal Sleep tentang signifikansi suhu tubuh sebelum tidur.

  • Pastikan tempat tidur dan kamar tidur Anda tenang dan nyaman  
Sebuah kamar yang panas dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman. Ruangan yang dingin disertai dengan selimut yang cukup untuk tetap hangat dianjurkan. Jika cahaya mengganggu Anda, Anda dapat memakai masker tidur. Jika ada suara mengganggu Anda, kenakan penutup telinga.

Referensi: 


Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri masukan ya,,,